marinonton films

Jadwal Piala Indonesia 2018: Kick-off Selasa 8 Mei

Jadwal Piala Indonesia 2018: Kick-off Selasa 8 Mei

Jadwal Piala Indonesia 2018: Kick-off Selasa 8 Mei
Jadwal Piala Indonesia 2018: Kick-off Selasa 8 Mei.

Jadwal Piala Indonesia 2018 yang sempat mengambang akhirnya menemui kejelasan.'

PSSI secara mengumumkan, Piala Indonesia akan kickoff pada Selasa 8 Mei 2018.

Turnamen tersebut bakal diikuti oleh 128 klub yang berasal dari Liga 1, Liga 2, dan Liga 3.

"PSSI berupaya agar Piala Indonesia melibatkan seluruh klub dari semua strata dari Liga 1 hingga Liga 3," ujar Plt Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, dalam jumpa pers Jakarta, Rabu (25/4/2018).

"Untuk finalisasi konfirmasi peserta terakhir adalah pada saat drawing yang akan dilakukan di Stadion Pakansari, 3 Mei nanti, menjelang final Anniversary Cup 2018," imbuhnya.

Dilansir laman resmi PSSI, Joko menjelaskan, format Piala Indonesia akan menerapkan sistem gugur dengan satu pertandingan, mulai dari babak 128 besar dan 64 besar. 


Untuk babak 32 besar, 16 besar, delapan besar, dan semifinal akan menggunakan sistem gugur dengan format laga kandang-tandang.

"Untuk semua klub Liga 1 bakal mulai dari babak awal atau 128 besar. Kami memproyeksikan turnamen ini berakhir pada Desember 2018 atau awal Januari 2019," kata Djoko.

Undian (Drawing) Piala Indonesia akan dilakukan di Stadion Pakansari, Bogor, Kamis 3 Mei 2018.

"PSSI akan melakukan drawing pada 3 Mei 2018 pukul 13.30 di Stadion Pakansari. Kick-off diputuskan pada 8 Mei setelah Anniversary Cup selesai," lanjutnya.

PSSI juga sudah memastikan jika juara turnamen ini akan menjadi wakil Indonesia di Piala AFC. Tapi, andai tak lolos verifikasi, maka peringkat kedua yang mendapat jatah tersebut.

Soal hadiah, juara Piala Indonesia akan mendapatkan hadiah sebesar Rp3 miliar.

Di babak penyisihan atau fase 128 besar, tiap klub akan mendapatkan match-fee Rp100 juta dengan rincian tuan rumah mendapatkan 60 persen, tim tamu 40 persen. 


"Begitu juga di babak 64 besar, tapi nilainya menjadi Rp125 juta," katanya.

Untuk babak 32 besar yang sudah menerapkan sistem gugur dengan format kandang-tandang, match-fee yang diberikan adalah Rp150 juta. 


"Ingat, karena ini kandang-tandang, jadi masing-masing klub akan mendapatkan Rp150 juta," jelasnya.

Pada babak 16 besar, match-fee yang diberikan meningkat menjadi Rp200 juta, serta untuk babak delapan besar nilainya mencapai Rp250 juta.

"Untuk tim yang lolos ke semi-final dan final tidak ada match-fee lagi karena sudah ada uang hadiah. Juara mendapatkan Rp3 miliar, runner-up Rp2 miliar, peringkat ketiga Rp1 miliar, dan peringkat keempat mendapatkan Rp500 juta," pungkas Joko.


Piala Indonesia terakhir kali digelar pada 2012. Saat itu Persibo Bojonegoro keluar sebagai juara usai mengalahkan Semen Padang di babak final.

Piala Indonesia yang disebut-sebut mirip Piala FA (FA Cup) Liga Inggris menjadi kesempatan bagi para pemain muda dan pemain cadangan tiap klub, khususnya klub Liga 1, untuk menunjukkan kualitasnya.*

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment